Investasi Emas

Pilih Mana, Investasi Emas atau Dolar?

Investasi Emas – Investasi adalah salah satu langkah awal untuk mengamankan diri secara finansial untuk masa depan. Saat ini ada banyak bentuk investasi yang bisa dipilih, seperti investasi emas atau dolar. Perlu diketahui bahwa setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memikirkan jenis investasi apa yang cocok sebelum Anda mulai.

Emas dan dolar merupakan jenis kendaraan investasi yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat. Nilai keduanya masih relatif stabil di pasaran. Jadi investasi seperti apa yang lebih menguntungkan? emas atau dolar? Untuk memulai pemikiran Anda, berikut adalah beberapa pro dan kontra dari investasi emas dan saham.

Keuntungan Investasi Emas

Emas merupakan logam mulia yang nilainya terus meningkat hampir secara terus menerus. Oleh karena itu, emas menjadi salah satu pilihan investasi yang banyak diminati sejak zaman dahulu. Beberapa keuntungan berinvestasi emas adalah:

·       Tahan inflasi

Seperti yang sudah Anda ketahui, tabungan bank tradisional sangat rentan terhadap inflasi. Meski terkadang turun nilainya, nilai emas umumnya akan terus naik. Oleh karena itu, menukarkan uang dalam bentuk emas menjadi pilihan yang tepat karena harganya stabil dan tidak akan tergerus inflasi.

·       Mudah ditarik kapan saja

Terkadang bencana atau masalah besar mengharuskan Anda menghabiskan tabungan Anda. Emas sebagai salah satu jenis sarana investasi memiliki kemudahan dalam pengembaliannya dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Jika Anda ingin mencairkan emas Anda, Anda hanya perlu menjualnya langsung ke dealer emas seperti Pegadaian. Waktu penarikannya juga sangat singkat dan tidak membutuhkan proses yang lama.

·       Aman untuk pemula

Investor pemula seringkali dihantui oleh risiko investasi yang menimbulkan kerugian besar. Hal ini dialami oleh banyak investor yang belum berpengalaman yang masih tidak mengamati pergerakan pasar saham.

Oleh karena itu, berinvestasi emas adalah pilihan paling aman untuk pemula karena risikonya lebih kecil. Sambil berinvestasi emas, Anda juga bisa mempelajari alat investasi besar lainnya tanpa khawatir rugi.

·       Mudah untuk dilakukan

Bagi pemula yang masih bingung untuk memulai berinvestasi, berinvestasi emas bisa menjadi langkah awal karena prosesnya sangat sederhana. Jika Anda ingin segera berinvestasi emas, Anda bisa mendaftar langsung ke pegadaian.

Kerugian Investasi Emas

Meskipun ada banyak manfaat berinvestasi emas, ada juga risiko kerugian yang harus diwaspadai. Adapun beberapa kerugian yang ditimbulkan ketika berinvestasi emas, antara lain:

·       Rentan terhadap kerugian

Emas adalah aset yang terlihat dalam bentuk fisik. Oleh karena itu, menyimpan emas secara pribadi tentu sangat berbahaya karena ada risiko kerugian. Untuk mencegahnya, Anda bisa menyetorkan emas langsung ke pegadaian dalam bentuk simpanan atau pinjaman agar tetap aman.

·       Kenaikan harga biasanya lambat

Emas adalah kendaraan investasi risiko minimal. Namun, kenaikan harga cenderung lebih lambat dibandingkan investasi lainnya. Oleh karena itu, berinvestasi emas lebih cocok sebagai investasi jangka panjang, sehingga manfaatnya lebih terasa.

Berinvestasi dalam Emas atau Dolar: Manfaat Berinvestasi dalam Dolar

Dolar adalah mata uang Amerika yang umum digunakan sebagai investasi. Hal ini disebabkan oleh kenaikan nilai tukar yang cenderung cenderung naik dan terus menguat. Sama seperti emas, berinvestasi dalam dolar karenanya dapat menjadi pilihan untuk keamanan finansial di masa depan. Beberapa keuntungan berinvestasi dalam dolar adalah:

·       Tidak terpengaruh oleh devaluasi

Dolar termasuk dalam mata uang yang nilainya tidak terpengaruh oleh devaluasi atau perubahan nilai tukar. Selain itu, nilai devaluasi mata uang domestik juga kuat. Oleh karena itu, jika terjadi resesi atau masalah yang dapat memicu pergerakan harga, nilai dolar dipastikan akan tetap stabil.

·       Nilai tukar yang cenderung menguat

Nilai dolar cenderung menguat setiap tahun. Oleh karena itu, perubahan nilai tukar dapat menawarkan pengembalian investasi yang baik. Nilai keuntungannya juga akan semakin besar seiring dengan penguatan rupiah.

·       Kalikan keuntungan dengan bunga bank

Hampir sama dengan menabung rupiah, jika menabung dollar maka otomatis mendapatkan keuntungan berlebih dari bunga yang diberikan oleh bank. Oleh karena itu, ketika berinvestasi dalam dolar, sangat disarankan untuk membuka rekening khusus. Anda bisa menyimpannya dalam bentuk deposito atau tabungan biasa.

Kerugian Investasi Dolar

Sama seperti berinvestasi emas, berinvestasi dalam dolar juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu Anda waspadai. Ada beberapa kerugian yang harus diwaspadai ketika berinvestasi dengan dolar, antara lain:

Investasi emas

·       Rentan terhadap inflasi

Tentu saja, karena dolar termasuk dalam mata uang, nilainya masih rentan terhadap inflasi. Inflasi adalah suatu proses di mana harga-harga yang berkaitan dengan kenaikan pasar disebabkan oleh berbagai faktor.

Perbedaan lain untuk berinvestasi dalam emas atau dolar adalah inflasi. Inflasi mata uang biasa terjadi karena harga beli dan jual dibandingkan di masing-masing negara ini.

·       Rentan terhadap kerusakan

Dolar yang disimpan secara pribadi rentan terhadap kerusakan. Selalu ada beberapa jenis risiko kerusakan yang mengintai seperti basah, robek, hingga dan termasuk kehilangan. Jika uang dollar hilang atau rusak, otomatis Anda akan mengalami kerugian. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa membeli brankas untuk menyimpan dolar atau menyimpan dolar di bank.

Investasi emas atau dolar yang lebih menguntungkan?

Jika melihat kelebihan dan kekurangan dari kedua bentuk investasi ini, menjadi jelas bahwa keduanya memiliki kekuatan masing-masing. Namun, berdasarkan penelitian CNBC, diketahui bahwa berinvestasi emas lebih menguntungkan daripada berinvestasi dalam dolar.

Itulah beberapa informasi terkait investasi emas dan dolar. Anda bisa memilih jenis investasi yang lebih menguntungkan, apakah investasi emas atau dolar.

Untuk investasi sederhana, Autotrade Gold 5.0 bisa menjadi solusinya. Lisensi Bappebti AutoBot Trading bisa menjadi jawaban atas keraguan Anda dalam memilih perusahaan pialang yang sah dan aman.

Baca Juga: Polishing Mobil Vs Coating, Apa Perbedaanya?

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]