Manga dan Manhwa, Mana yang Lebih Baik

Manga dan Manhwa, Mana yang Lebih Baik

Manga dan Manhwa merupakan sebuah produk Industri komik yang berkembang dengan pesat tidak hanya di Jepang tetapi juga sangat digemari hamper di seluruh dunia. Kali ini saya ingin membahas sesuatu yang tidak terlalu penting… apa yang lebih baik antara Manga dan Manhwa. Langsung saja kita bahas…

Manga

Manga pada umumnya adalah cerita bergambar atau komik yang berasal dari Jepang. Manga perlu kamu ketahui karena hingga saat ini banyak sekali serial yang resmi masuk ke Indonesia sehingga bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko buku terdekat.

Manhwa

Seperti halnya manga, Manhwa ini juga merupakan cerita bergambar atau komik, hanya saja ia berasal dari Korea. Manhwa ini biasanya identik dengan komik online karena kebanyakan dipasarkan melalui internet dan sedikit yang dijual di toko buku.

Sebelum membahas lebih jauh, Mimin menganggap kalian sudah mengetahui dan memahami apa itu Manga dan Manhua agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Fakta Budaya

Manga dan Manhwa

Kita semua tahu bahwa budaya setiap daerah berbeda, terutama antar negara. Budaya di negara ini memiliki pengaruh besar pada industri komik seperti plot, gaya seni, target pembaca, teknik penerbitan, dll.

Salah satu budaya yang paling berpengaruh adalah minat membaca masyarakat negara ini. Karena semakin banyak orang membaca dan membeli, semakin cepat pula industri buku komik di tanah air. Yang paling jelas adalah manga dibaca dari kanan ke kiri sedangkan manhwa dibaca dari kiri ke kanan.

Target Pembaca

Sebenarnya ini sudah tidak berlaku lagi, karena sekarang semua kalangan usia bisa menikmati membaca komik, baik itu Manga maupun Manhwa. Di mana dulu manga ditampilkan untuk hiburan anak-anak, ceritanya belum variatif.

Selama Perang Dunia, Manhwa disajikan kepada penduduk sebagai propaganda. Namun, seiring waktu, semua kelompok umur dapat menikmati Manga dan Manhwa, meskipun anak-anak dan remaja masih mendominasi.

Plot dan Genre

Pada hari-hari awal, baik Manga dan Manhwa memiliki cerita yang tidak banyak dan dapat digambarkan sebagai monoton. Namun kini Manga dan Manhwa memiliki jenis cerita dan genre yang berbeda, baik mainstream maupun anti-mainstream.

Manga sedang booming di dunia, kalau tidak salah ketika genre shounen sedang merajalela seperti Samurai X, Naruto, Detective Conan, One Piece, Bleach dll.

Manhwa sedang booming ketika aplikasi Webtoon dirilis di Korea, ceritanya sudah beragam saat itu sehingga sulit bagi saya untuk menentukan genre yang membuatnya trendi. Oh iya… Omong-omong, saat postingan ini dibuat, saat itu manga bergenre isekai dan manhwa bergenre zero-to-hero atau shounen sedang trending.

Karya Seni dan Gaya Hidup

Sekarang mari kita bahas karya seni dan gaya Manga dan Manhwa. Dari pengamatan saya, Manga dan Manhwa memiliki grafik yang berbeda, meskipun ada Manhwa yang memiliki grafik yang mirip dengan Manga, misalnya breaker dan witch hunter. Manga biasanya memiliki gambar hitam putih dengan beberapa halaman berwarna untuk sampul.

Ini karena publikasi manga di Jepang juga hanya tersedia dalam warna hitam putih untuk mengurangi biaya produksi mingguan. Rata-rata, manga masih diterbitkan dalam buku mingguan dan seri. Tidak seperti kebanyakan Manhwa yang diterbitkan, itu sudah berwarna. Sebagian besar publikasi Manhwa juga online melalui Webtoon dan lainnya. Meskipun karya seninya berbeda, Manga dan Manhwa memiliki beberapa elemen yang sama juga.

Jadi manga dan manhwa mana yang bagus…?

Semua tergantung pada selera Anda, karena setiap karya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi terserah kalian masing-masing, kalau mau suka Manga atau Manhwa atau keduanya silahkan saja.

Demikian ulasan mengenai Manga dan Manhwa, semoga Anda dapat menganbil sisi positif dari artikel ini dan menjadikan informasi yang berguna. / Aha

Baca Juga: Anime Terlaris Sepanjang Masa

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]