You are currently viewing <strong>Rute Wisata Jogja Yang Searah, Menghemat Banyak Waktu Liburan</strong>

Rute Wisata Jogja Yang Searah, Menghemat Banyak Waktu Liburan

  • Post author:
  • Post category:Traveling

Perlu diketahui jalur wisata di yogyakarta atau jogja yang searah sebelum berlibur ke kota perjuangan ini, bagaimana rute wisata jogja yang searah? Satu jalan ke beberapa tempat wisata tentunya akan membuat penggunaan waktu liburan menjadi lebih efisien.

Ada banyak destinasi wisata di jogja, mulai dari museum, pemandangan alam, candi, dan lain sebagainya. Untuk mengunjungi semuanya sepertinya tidak mungkin dalam satu hari.

Bagaimana Rute Wisata Jogja Yang Searah

Rute Wisata Jogja Yang Searah

Kami akan sampaikan mengenai rute wisata jogja yang searah, simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Candi prambanan, tebing breksi, candi ratu boko

Rute wisata jogja ini lebih cocok untuk wisatawan yang lebih suka mengapresiasi keunikan arsitektur dan candi bersejarah di yogyakarta. Termasuk dalam tujuan rute ini adalah tebing breksi.

Waktu tempuh menggunakan jalur wisata ini sekitar 26 menit. Jarak dari tujuan pertama ke tujuan akhir sekitar 10,5 km.

Rute wisata dimulai dari candi prambanan. Prambanan merupakan candi yang sangat terkenal di Indonesia setelah candi borobudur. Dari prambanan, wisatawan kemudian dapat menuju ke tebing breksi. 

Tempat ini merupakan bukit kapur yang dijadikan tempat wisata karena di dinding tebing terdapat ukiran wayang dan naga. Dari tebing breksi tersebut Anda bisa melihat pemandangan kota yogyakarta, candi prambanan, dan gunung merapi.

Setelah selesai di tebing breksi, Anda bisa pergi ke tempat wisata terakhir yakni candi ratu boko. Di sini pengunjung bisa mendapatkan pemandangan matahari terbenam yang indah untuk dijadikan latar foto.

Jalur wisata sekali jalan ini tidak membutuhkan waktu tempuh yang lama. Jarak tempuh dari satu destinasi ke destinasi wisata selanjutnya rata-rata hanya setengah jam. Jadi, semua destinasi bisa dikunjungi sekaligus, sehingga menghemat waktu.

Baca juga: Fasilitas Sarana dan Prasarana Kabupaten Belitung

  1. Wisata bukit pule payung, kalibiru, bukit jangkang, waduk sermo

Di jalur wisata yang satu ini daya tarik utamanya adalah pemandangan waduk sermo sebagai backdrop. 

Bagi wisatawan yang suka pemandangan danau dari jauh pasti suka dengan jalur wisata jogja ini, ditambah lagi ada beberapa spot yang bagus untuk posting fot.

Mengunjungi objek wisata ini di pagi hari, wisatawan dapat menikmati udara yang sejuk. Dengan total jarak 7,9 km, rute ini hanya memakan waktu sekitar 19 menit.

Tujuan awal dimulai dari bukit wisata pule payung. Disini terdapat pemandangan alam yang indah di jogja. Kemudian wisatawan dapat melanjutkan perjalanannya ke kalibiru.

Di objek wisata kalibiru, Anda bisa melihat latar belakang danau dan pegunungan dari kejauhan yang mirip dengan pulepayung.

Lalu di jalur wisata ini ada bukit jangkang. Tempat ini lebih dekat dengan waduk sermo, sehingga lingkungan sekitar waduk lebih terlihat jelas.

Tujuan akhir pada rute ini adalah waduk sermo. Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas di tepian waduk, seperti berkemah, memancing, bersepeda, dan lain-lain. Rute wisata jogja yang searah ini harus Anda coba.

  1. Bukit mojo gumelem, jurang tembelan. Kebun buah mangunan, seribu batu songgo langit, hutan pinus mangunan, puncak becici

Jalur wisata jogja ini juga berada di pegunungan sehingga menjadi jalur wisata alternatif bagi pecinta pemandangan yang indah. Total jarak rute sekitar 7,9 km, dan perjalanan dari tempat tujuan dan start sampai tujuan akhir hanya membutuhkan waktu 18 menit.

Rute dimulai dari bukit mojo gumelem. Tempat wisata ini lebih populer sambil menunggu matahari terbit, konon bukit mojo gumelem ini seperti negeri di atas awan.

Selanjutnya ada ngarai kandang. Ngarai tembelan juga menjadi tujuan spot foto lainnya di jalur wisata ini. Ikon spot foto tebing tembelan adalah perahu besar di atas pemandangan yang indah.

Destinasi selanjutnya adalah kebun buah mangunan. Sama seperti bukit mojo gumelem, tempat wisata ini juga lebih ramai saat matahari terbit. Hal ini dikarenakan pemandangan “negeri di atas awan” juga terdapat disini.

Di langit songgo seribu mil, daya tarik yang ditawarkan adalah gubuk-gubuk yang terbuat dari kayu yang disebut rumah hobbit. Gubuk-gubuk ini bisa menjadi tempat bagi wisatawan untuk menyantap berbagai kuliner yang nikmat.

Selanjutnya hutan pinus mangunan juga merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan, namun daya tariknya lebih kepada pemandangan di dalam hutan pinus yang sangat menarik seperti hutan pinus di luar negeri.

Tujuan akhir dari jalur wisata ini adalah puncak becici. Disini wisatawan bisa menikmati pemandangan alam dan melakukan camping, outbond, piknik, dan lain sebagainya. Rute wisata jogja yang searah ini sangat direkomendasikan. Jika wisata terlalu jauh, bisa sewa di rental mobil terdekat, pastikan pilih yang berkualitas.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai rute wisata jogja yang searah, semoga memberikan banyak manfaat.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]