Tanaman Pengusir Nyamuk

7 Tanaman Pengusir Nyamuk Mudah Ditanam

Tanaman pengusir nyamuk solusi terbaik untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda. Sayangnya, banyak yang tidak mengetahuinya. Banyak orang memilih cara instan daripada menggunakan tanaman untuk membasmi nyamuk.

Makanya, mereka juga memilih obat nyamuk dalam berbagai bentuk, yang berbahaya karena banyak mengandung bahan kimia. Padahal, penggunaan tanaman hias di dalam atau di luar ruangan untuk mengusir nyamuk sudah lebih dari cukup jika dilihat lebih dekat.

Tidak bisa percaya? Coba baca ulasan beberapa tanaman pengusir nyamuk alami yang sangat manjur yang di rekomendasikan situs Pohaci berikut ini:

7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Ampuh dan Cantik untuk Rumah Anda

1. Tanaman Lavender

Lavender telah lama dikenal karena khasiatnya sebagai pengusir nyamuk paling kuat di dunia. Aroma bunga yang harum sangat disukai, tetapi harum dari tanaman ini justru dibenci oleh nyamuk, itu karena adanya linalool dan lynalyl acetate yang terkandung di dalamnya.

Untuk itu, banyak obat nyamuk yang menggunakan lavender sebagai salah satu racikan atau perasa obatnya. Anda bisa meletakkan bunga lavender di dalam pot atau langsung di lantai di depan ruangan untuk mencegah masuknya nyamuk.

2. Bunga Geranium

Sebenarnya ada banyak jenis bunga pengusir nyamuk geranium yang bekerja dengan cara yang sama seperti pengusir nyamuk alami. Geranium mengandung sitronelol dan geraniol yang tidak disukai serangga terutama nyamuk.

Selain mengusir nyamuk dan mudah ditanam di dalam ruangan. Manfaat lainnya, aroma bunga geranium pengusir nyamuk ini bisa menjadi agen relaksasi dan penghilang stres alami!

3. Serai Wangi

Serai dikenal tidak hanya sebagai penyedap makanan dan minuman, tetapi juga bisa menjadi pengusir nyamuk alami. Bau tanaman pengusir nyamuk ini sangat tidak disukai nyamuk, dan bahan pembuatan lotion anti nyamuk sering menggunakan tanaman ini. Anda bisa menggunakan minyak serai untuk dioleskan ke tubuh atau juga sebagai tanaman hias dirumah.

4. Lemon Balm

Lemon balm memang bukan tanaman hias dalam ruangan untuk mengusir nyamuk, namun khasiatnya masih tak terbantahkan. Kandungan sitronelal dalam lemon balm merupakan zat utama yang sangat tidak disukai nyamuk. Sementara itu, nektar bunga lemon balm yang indah sebenarnya sangat populer di kalangan kupu-kupu dan membuat mereka senang untuk berkunjung.

5. Catnip

Catnip atau Nepeta catari adalah tanaman pengusir nyamuk luar ruangan yang sangat unik. Kucing suka berlama-lama mencium bau tanaman ini, tetapi sangat tidak disukai dan bahkan ditakuti nyamuk. Catnip dapat dibuat menjadi minyak atsiri yang disebut nepetalactone, yang sifatnya lebih kuat dari obat DEET (dietil meta-toluamide). Sebagai tanaman hias luar ruangan, catnip dapat tumbuh besar, sehingga lokasi penanamannya perlu diperhatikan agar tidak menghalangi pandangan.

6. Bunga Rosemary

Bunga rosemary menghasilkan aroma kuat yang sangat tidak disukai nyamuk. Kehebatan bunga pengusir nyamuk ini memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Tanaman ini juga sangat cocok sebagai tanaman anti nyamuk di dalam ruangan Anda. Meski demikian, bunga rosemary tetap cocok dijadikan tanaman hias luar ruangan karena daya tahannya yang tinggi terhadap sinar matahari.

7. Tumbuhan Mosquito Plant

Sudah jelas bahwa tanaman ini efektif melawan nyamuk, ini terlihat dari namanya. Menurut penelitian Van Leeni, tanaman nyamuk bermanfaat dalam mengurangi kemampuan nyamuk untuk merasakan CO2 (karbon dioksida). Ada banyak spesies tanaman nyamuk yang dikenal, tetapi lebih banyak lagi spesies yang masih asing dan belum diketahui banyak orang.

Salah satunya adalah Southernwood, terkenal di Australia, yang memiliki sifat pengusir nyamuk yang sangat baik. Nah, itulah 7 tanaman pengusir nyamuk alami yang bisa kamu coba.

Baca Juga: Mengenal Geotekstil, Material Proyek Konstruksi Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]