Tips Membeli Rumah KPR

7 Tips Membeli Rumah KPR Pertama untuk Karyawan

Tips Membeli Rumah KPR… Yup, Kredit Pemilikan Rumah tampaknya menjadi metode pembayaran yang paling banyak dipilih oleh masyarakat. Pasalnya metode tersebut bisa meringankan para pembeli rumah, khususnya bagi bekerja dengan gaji standar. Namun, apakah Anda sudah tahu apa saja tips membeli rumah KPR?

Pasalnya, membeli rumah tidak sama seperti membeli barang elektronik pada umumnya. Maka dari itu, ada beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengambil cicilan rumah melalui metode KPR. 

Tips Membeli Rumah KPR Pertama

Membeli rumah baru BSD City pertama bukanlah hal yang mustahil, apalagi jika Anda mengetahui tipsnya. Oleh karena itu, ide yang baik untuk mengetahui bagaimana sistem KPR sebelum membeli rumah pertama Anda. 

Mengetahui seluk-beluknya dapat membantu Anda dengan cermat mempersiapkan segala sesuatu yang perlu dilakukan untuk mengajukan KPR tersebut. Baiklah, simak tips membeli rumah KPR dari kami di bawah ini. 

1. Bersihkan Rekam Jejak Kredit Anda

Saat Anda mengajukan KPR, histori kredit Anda akan dilacak oleh pihak bank pemberi KPR. Langkah penting yang harus diambil sebelum mengajukan cicilan adalah mempertahankan pola pembayaran semua tagihan. Jaga pembayaran Anda selama dua tahun sebelum bank menerima pengajuan KPR rumah Anda.

2. Jaga Alur Rekening Bank Anda 

Hindari memindahkan uang antar rekening terlalu sering karena bank akan mengajukan pertanyaan kepada Anda. Memang sebenarnya bukan masalah besar, tetapi bisa menjadi salah satu pertimbangan pengajuan KPR tersebut. 

Jadi, jika Anda berencana membeli rumah dengan skema KPR dalam beberapa tahun ke depan, Anda harus menjaga skema alur rekening bank. 

3. Pertimbangkan Jumlah DP 

Saat ini, Bank Indonesia (BI) telah memberikan wewenang kepada bank untuk menetapkan uang muka atau DP. Jika Anda mampu, memaksimalkan DP tidak masalah. Memaksimalkan uang muka dapat mengurangi jumlah angsuran bulanan. Ini akan memudahkan Anda di masa depan, bukan? 

3. Rekam Jejak Karir 

Perlu diingat bahwa konsistensi riwayat pekerjaan Anda juga mempengaruhi keputusan pihak bank dalam menyetujui KPR. 

Sekarang, untuk meningkatkan peluang Anda agar KPR disetujui, Anda harus bekerja untuk perusahaan itu setidaknya selama dua tahun. Perubahan pekerjaan yang sering dengan status pekerja yang tidak pasti dapat mengurangi peluang ini.

4. Pahami Kondisi Keuangan

Silakan konsultasi dengan bank Anda terlebih dahulu sebelum mengajukan KPR. Hitung dengan cermat jumlah DP dan cicilan bulanan. Selanjutnya, jangan lupakan jangka waktu pelunasan cicilan. Hal ini juga  mempengaruhi jumlah angsuran.

5. Sisihkan Uang untuk Beli Kebutuhan Isi Rumah

Jangan hanya memikirkan DP atau biaya angsuran. Anda juga harus menyisihkan uang untuk membeli isi rumah. 

Tidak mungkin menjalani kehidupan yang baik di rumah kosong, bukan? Karena kebutuhan di dalam rumah harus terpenuhi, Anda bisa membuat daftar untuk membeli barang-barang rumah tangga yang benar-benar dibutuhkan terlebih dahulu.

6. Survei Lingkungan Rumah

Apakah Anda sudah mencari tempat tinggal secara online dan menemukan opsi yang membuat Anda tertarik? Maka langkah selanjutnya adalah melakukan survei. 

Datang langsung ke lokasi untuk mengamati dan memahami lingkungan rumah adalah hal yang penting. Perhatikan tempat tinggal Anda, tetangga Anda, dll agar Anda dapat dengan mudah beradaptasi di masa depan.

7. Pilih Rumah Sesuai Kebutuhan

Siapa  yang tidak ingin tinggal di rumah yang besar dan indah? Ini adalah impian semua orang. Namun, jika Anda membeli rumah untuk pertama kalinya dengan KPR, maka harus lebih bijaksana untuk memilih rumah yang memenuhi kebutuhan Anda. 

Ingat, rumah yang besar dan bagus tidak berarti rumah yang benar-benar dibutuhkan. Jadi jangan terjebak dalam hal tersebut. 

Penutup 

Yup, itu tadi adalah 7 tips membeli rumah KPR dari kami. Pastikan Anda memahami semuanya agar tidak terjadi masalah lain di kemudian hari. 

Baca Juga: Apa Saja Kegiatan Produktif untuk Anak Kosan?

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]